Konsep Pendidikan Dalam Perspektif Al-Ghazali
(Implementasinya di Era Milenial)
DOI:
https://doi.org/10.62901/j-ikhsan.v2i2.74Keywords:
Pendidikan Akhlak, Imam al-Ghazali, Generasi MilenialAbstract
Pendidikan akhlak adalah pendidikan yang berkaitan dengan moral dan kepribadian. Pembentukan akhlak yang dilandaskan pada al-Qur’an dan al-Hadits merupakan bagian dari ajaran Islam agar terbentuk manusia yang berpegang teguh pada apa yang telah diwariskan oleh Rasulullah SAW serta dapat melindungi diri dari melakukan perbuatan tercela.
Konsep pendidikan akhlak yang diajarkan imam al-Ghazali bersumber dari al- Qur’an dan al-Hadits dan memberikan pemecahan masalah tentang moral yang terjadi didalam masyarakat. Beliau menggunakan pendekatan dan langkah-langkah penyelesaian menggunakan metode-metode yang tepat untuk digunakan dalam pembentukan akhlak yang Islami sesuai dengan al-Qur’an dan al-Hadits.Generasi milenial atau generasi Y yang juga akrab disebut generation me atau echo boomers adalah lanjutan dari generasi X. umumnya para peneliti menggunakan awal tahun 80-an untuk menyatakan awal kelompok ini berada dan pertengan 90-an hingga awal tahun 2000-an dikategorikan sebagai akhir kelahiran.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan akhlak dalam pesrpektif imam al-Ghazali serta untuk mengetahui adanya relevansi antara konseppendidikan akhlak perspektif imam al-Ghazali dengan pendidikan Islam di era milenial.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi pustaka (library research). Adapun teknik analisis data menggunakan analisis isi atau disebut juga content analysis.Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemikiran imam al-Ghazali tentang pendidikan akhlak mempunyai relevansi dengan kehidupan pada masa sekarang atau relevan jika diimplemetasikan di era sekarang atau era milenial. Aspek-aspek atau sudut pandang yang bisa digunakan sebagai relevansi pemikiran Imam al-Ghazali di era milenial ini, antara lain: 1) aspek tujuan pendidikan akhlak; 2) aspek metode pendidikan moral; 3) aspek materi pendidikan akhlak. Menurut imam al-Ghazali materi-materi tidak hanya dikuasai secara kognitif melainkan secara afektif dan psikomotorik.
References
Abdul Halim Mahmud, Ali.2004.“Akhlak Mulia”.(Jakarta : Gema Insani,
Abdullah Mujib dan Yusuf Mudzakir.2008.“Ilmu Pendidikan Islam”.(Jakarta
: Kencana Prenada Media Group, 2008
Abu al-Wafa’ al-Ghainimi al-Taftazani.1997.Sufi dari Zaman ke Zaman.(Bandung : Pustaka, 1997)
Ahmad Bangun Nasution dan Rayani Hanum Sinegar.2013.“Akhlak
Tasawuf”.(Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2013)
Ahmad Sukarno, Supardi.1990.“Sejarah dan Filsafat Pendidikan
Islam”.(Bandung: Angkasa, 1990)
Ahmadi, Abu.1992.“Islam Sebagai Paradigma Ilmu Pendidikan
Islam”.(Yogyakarta : Aditya Media, 1992) al Habsy,Husain.“Kamus al-Kautsar”.(Surabaya : Assegaf, tt)
Al-Ghazali.1960.“al-Munziq min al-Dhalal”.(Beirut : Maktabah al-Sya’ibah,
Ali, Muhammad. 1991. “Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Modern”, (Jakarta : Pustaka Amani, 1991)
al-Qasimi, Jamauddin.2010.“Ilya ‘Ulumuddin Imam al-Ghazali”.(Bekasi : Darul Falah, 2010)
Arif, Mahmud.“Pendidikan Agama Islam Inklusif Multikultural”.Jurnal
Pendidikan Islam, doi; 10.14421/jpi. 11.
Arikunto, Suharsimi.“Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan
Caterine, Budiana,Indrowaty, dkk. 2019.“Etika Profesi Pendidikan Generasi Milenial 4.0”.(Malang: UB Press, 2019)
Cik Hasan Basri.2002.“Model Penelitian Agama dan Dinamika
Sosial”.(Jakarta: PT. Grasindo Persada, 2002)
Daudy, Ahmad.1986.“Kuliah Filsafat Islam”.(Jakarta : Bintang Bulan, 1986)
Denti, Yuberti, Hasna.2019.“Generasi Ulul Albab (Mewujudkan Generasi Berakal, berintelektual Tinggi, Beradab, dan Berbahagia dengan Ketaqwaan)”.(Yogyakarta: Samudra Biru, 2019)
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.1998.“Kamus Besar Bahasa Indonesia”.(Jakarta : Balai Pustaka, 1998)
Dewan Redaksi.“Ensiklopedia Islam Jilid 2”.(Jakarta : Van Hoeve)
Fadrulz Hakam Chozin.1997.“Cara Mudah Menulis Karya Tulis
Ilmiah”.(Surabaya: Alpa, 1997)
Farid Dahruj, Ali.2008.“al-Akhlak Dirosah Tarikhiyah Fikriyah wa
Islamiyah”.(Bairut, 2008)
Hamid al Ghazali, Abu.1990.“Ihya’ Ulumuddin, Juz IV.(Semarang; Maktabah Usaha Keluarga, 1990)
Hamid,Farid.2009.“Kamus Ilmiah Populer Lengkap Apollo”.(Surabaya : Bumi Akasa, 2009)
Imam al-Ghazali.2011.Ihya Ulumuddin Jilid III.(Bandung: Marja, 2011)
Iswan dan Herwina.2018.Penguatan Pendidikan Karakter Perspektif Islam dalam Era Milenial R.4.0 In Iswan & Herwina (Eds).“Membangun Sinergitas dalam Penguatan Pendidikan Karakter pada Era IR 4.0”. (pp. 21-42).(Jakarta : Universitas Muhammadiyah Jakarta, 2018)
Jalaludin.2003.“Teologi Pendidikan”.(Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2003) Kamus Besar Bahasa Indonesia.2008.(Jakarta : Tim Bahasa, 2008
Mujib dan Jusuf Mudzakkir.2017.“Ilmu Pendidikan Islam Telaah atas
Kerangka Konseptual Pendidikan Islam”.(Jakarta: Kencana, 2017)