Konsep Pendidikan Dalam Perspektif Al-Ghazali

(Implementasinya di Era Milenial)

Authors

  • Baharuddin Ar Baharuddin Ar Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.62901/j-ikhsan.v2i2.74

Keywords:

Pendidikan Akhlak, Imam al-Ghazali, Generasi Milenial

Abstract

Pendidikan   akhlak   adalah   pendidikan   yang   berkaitan   dengan   moral   dan kepribadian. Pembentukan akhlak yang dilandaskan pada al-Qur’an dan al-Hadits merupakan  bagian  dari  ajaran  Islam  agar  terbentuk  manusia  yang  berpegang  teguh pada  apa  yang  telah  diwariskan  oleh  Rasulullah  SAW  serta  dapat  melindungi  diri dari  melakukan  perbuatan  tercela.

Konsep pendidikan akhlak yang diajarkan imam al-Ghazali bersumber dari al- Qur’an dan al-Hadits dan memberikan pemecahan masalah tentang moral yang terjadi didalam masyarakat. Beliau menggunakan pendekatan dan langkah-langkah penyelesaian menggunakan metode-metode yang tepat untuk digunakan dalam pembentukan akhlak yang Islami sesuai dengan al-Qur’an dan al-Hadits.Generasi  milenial  atau  generasi  Y  yang  juga  akrab  disebut  generation  me atau   echo   boomers   adalah   lanjutan   dari   generasi   X.   umumnya   para   peneliti menggunakan awal tahun 80-an untuk menyatakan awal kelompok ini berada dan pertengan  90-an  hingga  awal  tahun  2000-an  dikategorikan  sebagai  akhir  kelahiran.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan akhlak dalam pesrpektif  imam  al-Ghazali  serta  untuk  mengetahui  adanya  relevansi  antara  konseppendidikan akhlak perspektif imam al-Ghazali dengan pendidikan Islam di era milenial.Metode  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  kualitatif  dengan  jenis penelitian studi pustaka (library research). Adapun teknik analisis data menggunakan analisis isi atau disebut juga content analysis.Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemikiran imam al-Ghazali tentang pendidikan akhlak mempunyai relevansi dengan kehidupan pada masa sekarang atau relevan jika diimplemetasikan di era sekarang atau era milenial. Aspek-aspek atau sudut pandang  yang  bisa  digunakan  sebagai  relevansi  pemikiran  Imam  al-Ghazali  di  era milenial ini, antara lain: 1) aspek tujuan pendidikan akhlak; 2) aspek metode pendidikan moral; 3) aspek materi pendidikan akhlak. Menurut imam al-Ghazali materi-materi tidak hanya dikuasai secara kognitif melainkan secara afektif dan psikomotorik.

References

Abdul Halim Mahmud, Ali.2004.“Akhlak Mulia”.(Jakarta : Gema Insani,

Abdullah Mujib dan Yusuf Mudzakir.2008.“Ilmu Pendidikan Islam”.(Jakarta

: Kencana Prenada Media Group, 2008

Abu al-Wafa’ al-Ghainimi al-Taftazani.1997.Sufi dari Zaman ke Zaman.(Bandung : Pustaka, 1997)

Ahmad Bangun Nasution dan Rayani Hanum Sinegar.2013.“Akhlak

Tasawuf”.(Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2013)

Ahmad Sukarno, Supardi.1990.“Sejarah dan Filsafat Pendidikan

Islam”.(Bandung: Angkasa, 1990)

Ahmadi, Abu.1992.“Islam Sebagai Paradigma Ilmu Pendidikan

Islam”.(Yogyakarta : Aditya Media, 1992) al Habsy,Husain.“Kamus al-Kautsar”.(Surabaya : Assegaf, tt)

Al-Ghazali.1960.“al-Munziq min al-Dhalal”.(Beirut : Maktabah al-Sya’ibah,

Ali, Muhammad. 1991. “Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Modern”, (Jakarta : Pustaka Amani, 1991)

al-Qasimi, Jamauddin.2010.“Ilya ‘Ulumuddin Imam al-Ghazali”.(Bekasi : Darul Falah, 2010)

Arif, Mahmud.“Pendidikan Agama Islam Inklusif Multikultural”.Jurnal

Pendidikan Islam, doi; 10.14421/jpi. 11.

Arikunto, Suharsimi.“Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan

Caterine, Budiana,Indrowaty, dkk. 2019.“Etika Profesi Pendidikan Generasi Milenial 4.0”.(Malang: UB Press, 2019)

Cik Hasan Basri.2002.“Model Penelitian Agama dan Dinamika

Sosial”.(Jakarta: PT. Grasindo Persada, 2002)

Daudy, Ahmad.1986.“Kuliah Filsafat Islam”.(Jakarta : Bintang Bulan, 1986)

Denti, Yuberti, Hasna.2019.“Generasi Ulul Albab (Mewujudkan Generasi Berakal, berintelektual Tinggi, Beradab, dan Berbahagia dengan Ketaqwaan)”.(Yogyakarta: Samudra Biru, 2019)

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.1998.“Kamus Besar Bahasa Indonesia”.(Jakarta : Balai Pustaka, 1998)

Dewan Redaksi.“Ensiklopedia Islam Jilid 2”.(Jakarta : Van Hoeve)

Fadrulz Hakam Chozin.1997.“Cara Mudah Menulis Karya Tulis

Ilmiah”.(Surabaya: Alpa, 1997)

Farid Dahruj, Ali.2008.“al-Akhlak Dirosah Tarikhiyah Fikriyah wa

Islamiyah”.(Bairut, 2008)

Hamid al Ghazali, Abu.1990.“Ihya’ Ulumuddin, Juz IV.(Semarang; Maktabah Usaha Keluarga, 1990)

Hamid,Farid.2009.“Kamus Ilmiah Populer Lengkap Apollo”.(Surabaya : Bumi Akasa, 2009)

Imam al-Ghazali.2011.Ihya Ulumuddin Jilid III.(Bandung: Marja, 2011)

Iswan dan Herwina.2018.Penguatan Pendidikan Karakter Perspektif Islam dalam Era Milenial R.4.0 In Iswan & Herwina (Eds).“Membangun Sinergitas dalam Penguatan Pendidikan Karakter pada Era IR 4.0”. (pp. 21-42).(Jakarta : Universitas Muhammadiyah Jakarta, 2018)

Jalaludin.2003.“Teologi Pendidikan”.(Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2003) Kamus Besar Bahasa Indonesia.2008.(Jakarta : Tim Bahasa, 2008

Mujib dan Jusuf Mudzakkir.2017.“Ilmu Pendidikan Islam Telaah atas

Kerangka Konseptual Pendidikan Islam”.(Jakarta: Kencana, 2017)

Downloads

Published

2023-12-22

How to Cite

Baharuddin Ar, . B. A. (2023). Konsep Pendidikan Dalam Perspektif Al-Ghazali : (Implementasinya di Era Milenial). Jurnal Ikhtibar Nusantara, 2(2), 172–182. https://doi.org/10.62901/j-ikhsan.v2i2.74