Kontekstualisasi Pemikiran Al-Zarnuji Tentang Hubungan Guru -Murid dalam Kitab Ta’lim Al Muta’llim
DOI:
https://doi.org/10.62901/j-ikhsan.v1i1.7Keywords:
Kontekstualisasi, Humanitis, Az-ZarnujiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Kontekstualisasi Pemikiran Al-Zarnuji Tentang Hubungan Guru -Murid dalam Kitab Ta’lim Al Muta’llim; Penelitian termasuk kajian Perpustakaan (library research) dengan Teknik Analisis Diskriptif Kualitatif. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan pendekatan deduktif dan pendekatan induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontekstualisasi terhadap hubungan guru dan murid saat sekarang adalah pemahaman terhadap pemikiran al-Zarnuji yang signifikan yang bernafas pada etika religius, dengan mengambil nilai-nilai serta pesan yang terkandung dalam aturan-aturan tersebut, yaitu penggalian dan penghidupan kembali nilai-nilai etika dalam proses pendidikan dan menjadikannya sebagai dasar pembentukan akhlak yang menjadi indikator dan prasayarat keberhasilan pendidikan, serta landasan dalam membina hubungan yang harmonis antara guru dengan murid yang berorientasi pada hubungan yang etis humanitis.
References
A. Hasan, Kesopanan Tinggi Secara Islami, Bandung : CV. Diponegoro, 1993.
Abdullah Fajar, Peradaban dan Pendidikan Islam, Jakarta: CV. Rajawali: 1991.
Abdurrahman Mas’ud, Menggagas Format Pendidiksn Non Dikotomik, Jakarta: Gama Media, 2002.
Abidin Ibn Rusn., Pendidikan Al-Ghozali Tentang Pendidikan, Cet. I, Yogyakarta: PustakaPelajar: 1998.
Abudin Nata, Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam Seri Kajian Filsafat Pendidikan Islam), Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 2001.
Ahmad Al-Syantanawi, Ibrahim Zaki Khursid dan Abd.Hamid Yunus, Dairot al-Ma’arif al- Islam, Jilid. X.
Ahmad Usman, al-Ta’lim ‘Inda Burhanul Islam al-Zarnuji, Kairo: Maktabah al-Anjalu al-Misriyah, 1989.
Al-Zarnuji dalam Syeh Ibrahim bin Ismail, Syarah Ta’lim al-Muta’alim, Indonesia: CV. Karya Insan, t.th.
Awaluddin Pimay, Konsep Pendidik Dlam Islam, Studi Komparatif Atas Pandangan al- Ghoxali dan al-Zarnuji), Semarang : Tesis Program Paska Sarjana IAIN Walisongo; 1999.
Fachrudin HS, Membentuk Moral Bimbingan al-Qur’an, Jakarta : Bina Aksara, 1985.
Fazlur Rahman, Islam, Ahsin Muhammad terj.), cet. II, Bandung: Pustaka, 1994.
Hasan Langgulung, Pendidkan Islam Menghadapi abad ke-21, Jakarta : Pustaka al-Husna , 1988.
M. Plessner, “Al-Zarnuji” dalam First Encyclopedia Of Islam, Vol. VIII, London – New York: E.J. Brill’s, 1987.
Moch. Jawwat Ridla, Tiga Aliran Utama Teori Pendidikan Islam Prespektif Sosiologis Filosofis), Cet. I, Yogyakarta : PT. Tiara Wacana Yogya; 2002.
Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung : PT. RemajaRosda Karya, 2000), cet.v.
Nasr dalam Hasan Asari, M.A, Nukilan Pemikiran Islam Klasik Gagasan Pendidikan Al- Ghozali, Cet. I, Yogyakarta: PT. Tiara Wacana Yogya, 1999.
Sayid Sabiq, Unsur-Unsur Dinamika Dalam Islam, Cet.I, PT. Inter Masa; 1981.
Sudarnoto Abdul Hakim, Hasan Asari, Yudian W. Asmin penyunting), Islam Berbagai Perspektif,Didedikasikan Untuk 70 tahun Prof. Dr. H. Munawir Sadzali, MA, Yogyakarta: LPMI, 1995.
Zamakhsari Dlofier, Tradisi Pesantren Studi Tentangg Pandangan Hidup Kyai), Jakarta: LP3ES, 1982.