Pengaruh Media Gambar Terhadap Ranah Kognitif Peserta Didik Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)
DOI:
https://doi.org/10.62901/j-ikhsan.v2i2.34Keywords:
Media Gambar, Ranah Koknitif, Pembelajaran PAIAbstract
Media merupakan salah satu alat yang amat penting dalam pelaksanaan proses belajar mengajar. Pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan daya tarik peserta didik serta pemahaman dalam menguasai materi pembelajaran. Penggunaan media gambar pembelajaran pada proses pembelajaran akan sangat berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan peserta didik khususnya pada ranah kognif. selain penggunaan media gambar dapat meningkatkan daya tarik peserta didik. Media gambar juga dapat memudahkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran, dengan adanya media gambar dalam pembelajaran membuat suasana dalam proses pembelajaran semakin menarik karena dengan adanya media gambar peserta didik tidak hanya mendengarkan penjelasan guru melainkan dapat melihat secara langsung melalui media gambar sehingga materi dapat tersampaikan melalui media gambar.Tujuan dari penelitian di SMP Negeri 2 Teluk Dalam ini adalah untuk mengetahui pengaruh media gambar terhadap ranah kognitif peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan agama islam. Penelitian ini dilaksanakan hanya pada kelas VIIA dan kelas VIIB di sekolah SMP Negeri 2 Teluk Dalam, penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain intact group-comparison perbandingan antara kelas eksperimen (sesudah perlakuan) menggunakan media gambar dengan kelas semu (sebelum perlakuan) tidak menggunakan media gambar dengan menggunakan tes berupa soal.Hasil dari penelitian ini diperoleh kesimpulan hipotesis yaitu Ho ditolak danHa diterima atau media gambar berpengaruh terhadap hasil belajar ranah kognitif peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan agama islam materi perilaku terpuji di SMP Negeri 2 Teluk Dalam. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan bagi para pendidik dan calon pendidik untuk meningkatkan ranah kognitif peserta didik dengan penggunaan media gambar sehingga tercipta kualitas pembelajaran yang ideal yang berstandar baik.
References
Aqib, Zainal.Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: PenerbitYramaWidya. 2015
Darwin Syah,Perencanaan SistemPengajaranPendidikan Agama Islam Jakarta: GaungPersada Press. 2017
Depdiknas.Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas. 2016
Edy, Sutrisno,Manajemen SumberDayaManusia,. Jakarta :KencanaPrenada Media Group. 2016
Hamalik. PsikologiBelajarMengajar. Bandung: SinarBaruAlgensindo. 2010
Heri S. danHelmi A..Media PembelajaranSejarah Era TeknologiInformasi (KonsepDasar, PrinsipAplikatif, Dan Perancangannya).Banjarmasin. ULM. 2019
Kurniawan, Syamsul.“Konsepsi & Implementasinya secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat” . Pendidikan Karakter.Yogyakarta: Ar-Ruzz. 2017
Munad Yudhi .Media Pembelajaran ( Sebuah Pendekatan Baru).Jakarta: Referensi. 2017
Nazarudin Rahman “Implementasi Konsep, Karakteristik dan metodologi pendidikan agama islam di sekollah umum Cet 1”. Yogyakarta :PustakaFelicha. Ffg
Santoso, Slamet Stasistika Ekonomi plus Aplikasi SPSS, Ponorogo : Umpo Press. 2013
Saputra, Roni.. Biostatistik dalam Ilmu Kesehatan Masyarakat. Batam. STIKes Ibnu Sina. 2016
Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers 2014
Siddiq, Djauhar M , .Definisi pembelajaran. Bandung: PT. RemajaRosdakarya. 2013
Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. 2015
Sudaryono. MetodologiPenelitian. Depok: Raja Grafindo. 2018
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta. 2015
Sukardi.Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas Implementasi dan Pengembangan.Jakarta : PT BumiAksara. 2013
Supranto dan Nandan Limakrisna,,Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran Untuk Memenangkan Persaingan Bisnis.,Jakarta: Mitra Wacana Media. 2010
Suprijono, Agus. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta. Pustaka Pelajar. 2010
Sutirman.Media & Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyalarta: GrahaIlmu. 2013