Evaluasi Kurikulum Dalam Penerapan Kebijakan Pendidikan

Authors

  • Mutia Bustamam Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh

Keywords:

Evaluasi, Kurikulum, Tujuan, Hasil

Abstract

Evaluasi merupakan suatu proses untuk menentukan nilai dan mengumpulkan informasi yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk membuat keputusan. Evaluasi kurikulum mencakup seluruh komponen kurikulum seperti tujuan, isi atau metode pembelajaran yang ada dalam kurikulum tersebut. Evaluasi bertujuan untuk mengumpulkan, menganalisis dan menyajikan data untuk bahan penentuan keputusan mengenai kurikulum apakah akan direvisi atau diganti. Fungsi dan tujuan evaluasi kurikulum bersifat edukatif, instruksional, diagnosis dan administratif. Hasil-hasil dari evaluasi kurikulum dapat digunakan oleh para pemegang kebijakan pendidikan dan para pengembang kurikulum, juga dapat digunakan oleh para guru, kepala sekolah dan para pelaksana pendidikan lainnya dalam memahami dan membantu perkembangan peserta didik, memilih bahan pelajaran, memilih metode dan alat-alat bantu pelajaran, cara penilaian serta fasilitas pendidikan lainnya serta dapat dimanfaatkan dalam rangka pengembangan kurikulum sekolah yang terkait dengan paket program pendidikan nasional.

References

Abdullah, A. “Sistem Pembelajaran dan Proses Evaluasi Ujian di LPI Dayah Mudi Mesjid Raya Samalanga Kabupaten Bireuen”. Jurnal Al-Fikrah, Vol. 5, No. 2, 2016.

Ahmad, Pengembangan Kurikulum, Bandung: Pustaka Setia, 2009.

Alimad Rohani HM, Pengeloaan Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Ansyar Mohammad, Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum, Jakarta: Depdikbud, 1989.

Daryanto, Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 1999.

M. Zaini, Pengembangan Kurikulum Konsep Implementasi Evaluasi dan Inovasi, Yogyakarta: Teras, 2009.

Makalah resume, oleh Kamarullah, Educational Evaluation, Surabaya: Universitas Negeri Surabaya, 2004.

Makalah resume, oleh Muhammad Yunus, Educational Evaluation, Surabaya: Universitas Negeri Surabaya, 2004.

Mulyani Sumantri, Kurikulum dan Pengajaran, Jakarta: Depdikbud, 1988.

Nana Sudjana, Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum Sekolah, Bandung: Sinar Baru, 1996.

Pengembangan Teknik Evaluasi Pendidikan Agama Islam (Rangkuman), editor oleh M. Razali Amin, Banda Aceh: Universitas Muhammadiyah Aceh, 2000.

Subandijah, Pengembangan dan Inovasi Kurikulum, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1993.

W. Nurkancana, Evaluasi Kurikulum, Surabaya: Usaha Nasional, 1996.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Bustamam, M. (2022). Evaluasi Kurikulum Dalam Penerapan Kebijakan Pendidikan. Jurnal Ikhtibar Nusantara, 1(2), 173–190. Retrieved from https://www.jurnal.stainusantara.ac.id/index.php/ikhtibar-nusantara/article/view/20