Pendekatan Interdisipliner dalam Studi Islam Kontemporer: Pengembangan Kolaborasi antara Ulama dan Intelektual Muslim
DOI:
https://doi.org/10.62901/j-ikhsan.v3i1.119Keywords:
Pendekatan Interdisipliner, Islam Kontemporer, Kolaborasi, Intelektual Muslim, UlamaAbstract
Pendekatan interdisipliner telah menjadi semakin penting dalam menjawab permasalahan kompleks yang dihadapi oleh komunitas Islam kontemporer. Penelitian ini didasari dari kesenjangan paradigma secara epistimologis, Ulama (tradisional) yang memiliki pemahaman yang mendalam tentang teks-teks agama dan hukum Islam, namun kurang familiar dengan metodologi ilmiah dan perkembangan ilmu pengetahuan modern. Sebaliknya, intelektual muslim di universitas cenderung menguasai metodologi ilmiah tetapi kurang mendalami studi keislaman tradisional yang mengakibatkan terbatasnya dialog dan integrasi antara ilmu agama dan ilmu pengetahuan kontemporer. Fokus penelitian ini yaitu 1) Bagaimana pengembangan kolaboratif ulama dan intelektual muslim melalui pendekatan interdisipliner dalam studi Islam kontemporer; 2) bagaimana dampak pengembangan kolaboratif ulama dan intelektual muslim dalam studi islam kontemporer. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan kolaboratif ulama dan intelektual muslim melalui pendekatan interdisipliner dalam studi islam kontemporer; dampak pengembangan kolaboratif ulama dan intelektual muslim dalam studi Islam kontemporer. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan (library research). Adapun Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pengembangan kolaborasi antara ulama (tradisional) dan intelektual muslim melalui pendekatan interdisipliner dalam studi islam kontemporer tidak hanya memperkuat integrasi ilmu pengetahuan, akan tetapi juga mendorong inovasi dalam pendidikan dan penelitian; 2) Pendekatan interdisipliner memiliki dampak yang berpotensi besar untuk memperkuat fondasi intelektual komunitas Islam dan mempromosikan perkembangan keilmuan yang lebih inklusif dan berkelanjutan dalam membangun serta memecahkan masalah umat islam kontemporer.
References
Abdulkader, Τ. (2013). Al Faruqi between the History of Reli and Islamic Theology1. 60, 230–250.
Abdullah, M. A. (2020). Multidisiplin, Interdisiplin & Transdisiplin: Metode Studi Agama & Studi Islam di Era kontemporer. IB Pustaka.
Astuti, S. A. (2017). Pesantren dan Globalisasi. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(01), 16–35.
Azizah, F. R. (2019). Mengembangkan Paradigma Integratif-Interkonektif Dalam Pendidikan Islam Di Perguruan Tinggi (Pendekatan Interdisipliner Dalam Studi Islam. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/tarbawi/article/view/5181
Cahyono, A. R. H. H. (2016). Agama dan Tantangan Budaya Modern Perspektif Islam. Fikri: Jurnal Kajian Agama, Sosial Dan Budaya, 1(2), 421–448.
Chanifudin. (2016). Pendekatan Interdisipliner : Tata Kelola Pendidikan Islam Di Tengah Kompleksitas. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 05(09), 1277–1294. http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/90
Damanhuri, D. (2021). The Quest For An “Integrated And Interconnected” Paradigm Of Islamic Studies In Indonesia: A Historical Account. Manarul Qur’an: Jurnal Ilmiah Studi Islam, 21(1), 9–30.
Enoh, E., Kertayasa, H., Amrullah, F., & ... (2023). Penguatan Moderasi Beragama Melalui Kajian Riset Disipliner Dan Interdisipliner Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Isu-Isu Nasional Dan Global. Jurnal Pendidikan Islam, 12(1). https://www.jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/5223
Fakhri, A. (2023). Kurikulum merdeka dan pengembangan perangkat pembelajaran: menjawab tantangan sosial dalam meningkatkan keterampilan abad 21. In Proceding UMSURABAYA. journal.um-surabaya.ac.id. https://journal.um-surabaya.ac.id/Pro/article/view/19711/6716
Ghazali, D. A., Gunawan, H., & Kuswandi, E. (2015). STUDI ISLAM: suatu pengantar dengan pendekatan interdisipliner.
Haq, M. M. A. (2023). Urgensi Aneka Pendekatan dalam Kajian Islam: Dari Inter-Multidisiplin ke Transdisiplin Menurut Amin Abdullah. Medina-Te: Jurnal Studi Islam. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/medinate/article/view/21349
Hefner, R. W. (2009). Islamic schools, social movements, and democracy in Indonesia. Making Modern Muslims: The Politics of Islamic Education in Southeast Asia, 55–105.
Hidayat, D. (2002). Metodologi Penelitian dalam Sebuah" Multi-Paradigm Science". Mediator: Jurnal Komunikasi, 3(2), 197–220.
Kenedi, A. (2021). Urgensi Studi Islam Interdisipliner di Era Millennial. Jurnal Mubtadiin. http://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadiin/article/view/57
Khoiruddin, M. (2018). Pendidikan Islam tradisional dan modern. Tasyri’: Jurnal Tarbiyah-Syari’ah Islamiyah, 25(2), 92–105.
Mania, C. (2013). Pendekatan Interdisipliner dan Mulitidisipliner. https://ejurnal.staialfalahbjb.ac.id/index.php/alfalahjikk/article/view/176
Mujtaba, S. (2015). Studi Islam Interdisipliner: Sebuah Keniscayaan. AT-TURAS: Jurnal Studi Keislaman. http://ejournal.unuja.ac.id/index.php/at-turas/article/view/172
Muliadi, E., & Nasri, U. (2023). Future-Oriented Education: The Contribution of Educational Philosophy in Facing Global Challenges. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2420–2427.
Muzakki, H., Natsir, A., & Fahrudin, A. (2021). Transformasi Pengembangan Materi Pendidikan Agama Islam dengan Nilai Islam Indonesia (dari Pendekatan Monodisipliner menuju Pendekatan Interdisipliner). Journal of Islamic Education. https://jier.uinkhas.ac.id/index.php/jier/article/view/114
Naim, N., & Huda, Q. (2021). Pendekatan Interdisipliner dalam Studi Hukum Islam Perspektif M. Atho Mudzhar. Al-Istinbath: Jurnal Hukum Islam, 6 (1), 41.
Oktaviani, N., Wahyuni, A., Sari, W. Y., & Hidayat, F. (2023). Analisis Perkembangan Kebijakan Fiskal Dalam Prespektif Ekonomi Islam. Jurnal Mutiara Ilmu Akuntansi, 1(3), 19–30.
Rahmat, M. P. I., Salamah, U., & Pd, M. (2020). Studi Islam Kontemporer (Multidisciplinary Approach). books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=arvtDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=pendekatan+interdisipliner+dlam+studi+islam&ots=ifshjg1ICH&sig=juK3DYgTI5VYoQCNUZ71AO4dSiQ
Rihlasyita, W. (2019). Kiri Islam Hasan Hanafi Dan Oksidentalisme. Al Yasini: Jurnal Keislaman, Sosial, Hukum Dan Pendidikan, 4(2), 112–122.
Rini, P. P., Dahila, I., Suherman, S., & ... (2024). Perspektif Baru dalam Manajemen Pendidikan: Menangani Isu Kontemporer dengan Pendekatan Multidisipliner. Pendas: Jurnal Ilmiah …. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/13824
Rohmatika, R. V. (2019). Pendekatan Interdisipliner Dan Multidisipliner Dalam Studi Islam.‖ Al-Adyan: Jurnal Studi Lintas Agama, 2019.
Saumantri, T., & Hajam, H. (2023). Urgensi Metodologi Studi Islam Interdisipliner Untuk Moderasi Islam. An-Nawa: Jurnal Studi Islam. http://jurnal.staiannawawi.com/index.php/annawa/article/view/579
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suparjo, S. (2022). Pemikiran Filsafat Pendidikan Islam: Mengintegrasikan Nilai-Nilai Keislaman Dalam Konteks Pendidikan Holistik. Jurnal Konseling Pendidikan Islam. https://jurnalalkhairat.org/ojs/index.php/jkpi/article/view/40
Suwarno. (2020). Studi Agama Islam Melalui Pendekatan Interdisipliner. Dar El-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan, Dan Humaniora, 7(2), 22–2012. http://www.e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/dar/article/view/2178
Wijaya, I., & Sabda, S. (2023). Filosofi, Ideologi Dan Paradigma Pendidikan Islam Inter, Multi Dan Transdisipliner. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatandan Kemasyarakatan, 23(1).
Za, T. (2014). Islamic Studies Dalam Pendekatan Multidisipliner. Jurnal Ilmiah Peuradeun.