Dinamika Pembelajaran Kitab Kuning di Era Modern Studi Komparatif Antara Pesantren Tradisioanal dan Modern
DOI:
https://doi.org/10.62901/j-ikhsan.v2i1.105Keywords:
Dinamika, Kitab Kuning, ModernAbstract
Metode pembelajaran merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam menentukan kedua perbedaan tersebut. Pentingnya penggunaan metode dalam mengajar sangatlah besar karena metode adalah salah satu komponen dalam proses pendidikan. Metode berfungsi sebagai alat untuk mencapai tujuan yang didukung oleh berbagai alat bantu mengajar, serta menjadi salah satu faktor penentu dalam keseluruhan sistem pendidikan. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif pendekatan pustaka. Dimana penelitian ini bertujaan untuk mendeskripsikan metode apa saja yang diterapkan di pesantren tradisional dan modern serta implementasinya dalam pembelajaran. Adapun hasil penelitian ini menggambarkan tentang metode pembelajaran kitab kuning yang diterapkan dipesantren tradisional adalah metode wetonan, sorogan , bandongan, munadzarah (diskusi), halaqah, tartil (hafalan), evaluasi sedangkan metode pembelajaran kitab kuning di pesantren modern menggunakan metode sorogan atau bandongan, diskusi kelas, penggunaan bahasa terjemahan teknologi dalam pembelajaran, talaqqi dan musyawarah penilaian dan evaluasi.
References
Abdul Adib, Metode Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren , Jurnal Mubtadiin, Vol. 7 No. 01 Januari-Juni 2021.
Abdullah, A. (2022). Sosialisasi Kultum Pada Siswa SMP Riyadul Mubarak Desa Tanjongan Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen. Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1-9.
Agus Retnanto, Teknologi Pembelajaran, Yogyakarta: Idea Press , 2021.
Ahmad Helwani Syafi’i, Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Khusus Al-Halimy Sesela, IBTIDA’IY Vol. 5, No. 2, Oktober 2020.
Akhmad Sudrajad, Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, Dan Model Pembelajaran, Jakarta: Grafindo, 2003.
Arief Aulia Rahman dan Cut Eva Nasryah, Evaluasi Pembelajaran, Jawa Timur: Uwais, 2019.
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 1999.
Armai Arief, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam Jakarta: Ciputa Press, 2002.
Azyumardi Azra, Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Jakarta: PT Logos Wacana Imu, 1999.
Bustomi, dkk, Analisis Sintaksis Penerjemahan Kitab Kuning dengan Bahasa Indonesia dalam Model Bandongan di Pondok Pesantren Salaf, Jurnal Disantra Volume 6, Nomor 1, Januari 2024.
Endang Turmudi, Perselingkuhan Kiai dan Kekuasaan, Yogyakarta: LKiS, 2004.
Hamdan Farchan dan Syarifuddin, Titik Tengkar Pesantren: Resolusi Konflik Masyarakat Pesantren, Yogyakarta: Pilar Religia, 2005.
M. Dawam Rahardjo, Pesantren dan Pendidikan Islam, Jakarta: LP3ES, 1995.
Mahfud Ifendi , Metode Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Sunan Drajad Banjarwati Lamongan, Jurnal Al-Tarbawi Al-HaditsahIslam Vol. 6 No. 2 Desember 2021.
Mardalis, Metode Penelitian Suatu Pendekata Proposal, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2004.
Masjkur Anhari, Integrasi Sekolah Ke dalam Sistem Pendidikan Pesantren Surabaya: Diantama, 2007.
Mubarrak, Z., & Hajar, S. (2021). Learning Methods of “Kitab Kuning” in Dayah Manyang Gampong Meulum Samalanga District. Britain International of Humanities and Social Sciences (BIoHS) Journal, 3(1), 263-273.
Muhammad Idrus, Metode Penelitian Ilmu Sosial, Yogyakarta:Erlangga, 2009.
Muhibbin syah, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.
Qodri Abdillah Azizy, Dinamika Pesantren dan Madrasah Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002.
Sabil Mokodenseho, Pendidikan Islam di Pondok Pesantren, Yogyakarta: Sulur Pustaka, 2024.
Said Aqil Siradj, Pesantren Masa Depan. Cirebon:Pustaka Hidayah, 2004.
Uno, B. Hamzah, Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara 2009.
Zamakhsyari Dhofier, Tradisi Pesantren, Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: LP3ES 1994.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Ikhtibar Nusantara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.