Analisis Metode Pembelajaran Di Ma’had Aly Mudi Mesjid Raya Samalanga

Authors

  • Alauddin Alauddin Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh

DOI:

https://doi.org/10.62901/j-ikhsan.v1i2.104

Keywords:

Analisis, Metode Pembelajaran, Ma’had Aly MUDI

Abstract

Ma’had Aly MUDI Mesjid Raya Samalanga memiliki Program Studi Fiqh dan Usul Fiqh dengan tujuan meningkatkan kualitas pendidikan dayah di Aceh serta melahirkan ulama-ulama yang berkompeten dalam memahami ajaran agama. Ma’had Aly MUDI Mesjid Raya Samalanga sebagai salah satu dayah tertua di Aceh, memiliki sejarah panjang dalam melahirkan lulusan yang berkualitas. Untuk menjadi lembaga pendidikan pilihan masyarakat, Ma’had Aly MUDI Mesjid Raya Samalanga harus berinovasi dalam pengembangan metode pembelajaran. Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga, sebagai salah satu dayah tertua di Aceh, memiliki sejarah panjang dalam melahirkan lulusan yang berkualitas. Oleh karena itu, dengan adanya Ma’had Aly, dayah ini diharapkan mampu menjawab tantangan zaman, memecahkan persoalan keagamaan, dan mengintegrasikan keilmuan dalam pendidikan Islam. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun hasil yang didapati ialah Metode pembelajaran utama fokus pada pembelajaran kitab-kitab kuning klasik. Mahad Aly Mudi juga fokus pada kitab kontemporer serta mengadakan mubahastah, hal ini bertujuan untuk menjadikan mahasantri menjadi pelajar yang berfikir kritis dalam menyampaikan hukum pada kejadian yang terjadi pada zaman sekarang. Metode pembelajaran tambahan fokus pada pembelajaran ilmu pengetahuan umum yang biasa dipelajari di sekolah-sekolah umum.

References

Ahmad Tanzeh, Pengantar Metode Penelitian, Yogyakarta: Teras, 2009.

Armai, Arief. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Perss.

Fajri, Melahirkan Santri yang Tidak Bermental Inlader, Jurnal Dayah No. 1, 2 Juni 2014.

Hamalik, Oemar. 2001. Cetakan Ketiga. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara.

Lexi J. Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2014.

Marwan Saridjo, Sejarah Pesantren di Indonesia, Jakarta : LP3ES, 1992.

Muhammad Nasir, Pengembangan Kurikulum Berbasis Madrasah, Jurnal Pendidikan Vol. 10 No. 2 Oktober 2009.

Mukhlisuddin, Dayah dan Perdamaian Aceh, Majalah Umdah Edisi VI, April 2013.

Teuku Zulkhairi, Mahad Aly Perguruan Tingginya Dayah, Serambi Indonesia Online, diakses pada tanggal 11 Mei 2024.

Uno, B. Hamzah. 2009. Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif, Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Alauddin, A. (2022). Analisis Metode Pembelajaran Di Ma’had Aly Mudi Mesjid Raya Samalanga. Jurnal Ikhtibar Nusantara, 1(2), 191–200. https://doi.org/10.62901/j-ikhsan.v1i2.104