IMPLEMENTASI NILAI-NILAI ISLAM UNTUK MENINGKATKAN RETENSI NASABAH BANK SYARIAH

Authors

  • Samsulijar Samsulijar STAI Nusantara Banda Aceh

Keywords:

Bisnis Islam, Customer Retention, Perbangkan Syariah

Abstract

Perkembangan pesat persaingan disetiap Bank khususnya pada Bank Syariah, mengharuskan Bank tersebut untuk lebih meningkatkan kinerja pelayanan dan dapat memperluas segmen pasar-pasar dan selisih marker share yang sangat jauh dengan Bank kovensional. Oleh karena itu, persaingan tersebut juga terjadi pada Bank Syariah Mandiri, sehingga Bank ini di tuntut untuk dapat bersaing dengan Bank lainnya. Jadi salah satu caranya adalah dengan meningkatkan pelayanan dan meningkatkan probabilitas yang tinggi pada perusahaan. Hal ini perlu adanya peningkatan custemer Retention (mempertahankan Nasabah). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kesatuan (tauhid), keadilan (‘adl), bebas (ikhtyar), tanggung jawab (fard) dan kebenaran (ihsan) terhadap customer retention nasabah perbankan syariah. Analisis data dilakukan terhadap 100 Nasabah Bank Syariah Mandiri. Jenis analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Penelitian secara kuantitatif adalah dengan melakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji F dan Uji t. Sedangkan secara kualitatif adalah dengan menjelaskan hasil pengolahan data secara lebih rinci. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh Hasil analisis data uji (F) menyatakan bahwa pada variabel tauhid, keadilan (adl), kehendak bebas (ikhtyar), tanggung jawab (Fard) dan kebenaran terjadinya signifikan terhadap Customer retention di Bank Syariah Mandiri Ca. Karena diperoleh nilai ≤ 0,05 yaitu

0,000. Sedangkan pada uji t didapatkan thitung  pada variabel tauhid (5,111),   keadilan (5,298), kehendak bebas ( 5,734), tanggung jawab (3,959) dan kebenaran (7,068), maka ttabel diperoleh 1,664. Sehingga dapat dinyatakan bahwa thitung > ttabel. Hal ini juga dibuktikan bahwa semua variabel etika bisnis Islam signifikan terhadap customer retention dengan nilai yang sama yaitu 0,000.

References

A. Sonny, Etika Bisnis: Tuntutan dan Relevansinya, Yogyakarta: Kanisius, 1998

Abu Bakar, 2010, “Analisis Pengaruh Customer Satisfaction, Switching Cost, dan Trust in Brand Terhadap Customer Retention (Studi Kasus: Produk Kartu Seluler PraBayar simPATI Wilayah Semarang),” Skripsi, Fakultas Ekonomi, Universitas Diponegoro, Semarang.

Al-Ghazali, Ihya Ulum al-Diin Jilid V, Dar an-Nadwah, Beirut t.th

Anas, Muhammad, Penerapan Etika Bisnis Islam dalam Konteks Produsen dan Konsumen: Ke Arah Tanggungjawab Sosial Perusahaan, Jurnal Millah, Vol.8: 1 Agustus 2008

Arifin Johan, Etika Bisnis Islam, cet.1 semarang: Walisongo Press, 2006.

Azharsyah Ibrahim, The Influence Of Islamic Work Ethics On Organizational Performance

At The Islamic Banking Institutions In Aceh, Disertasi, 2015

Aziz, Abdul, 2013, ETIKA BISNIS PERSPEKTIF ISLAM: Implementasi Etika

Islami Untuk Dunia Usaha, Bandung: ALFABETA.

Balqis Diab, Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Meningkatkan Retensi Pelanggan (Studi Kasus pada Gies Batik Pekalongan), Universitas Dipenegoro,Semarang, 2009

Beekum, Rafiq Issa, Etika Bisnis Islam, alih bahasa Muhammad, M. Ag, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.

Beekun, Rafiq Issa, Islamic Business Ethict Alih Bahasa : Oleh Ahmad Surapto, Lentera Ilmu, Surabaya, 2007.

Bertens, K, Etika, Jakarata: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2007.

Buchari Alma, Mnajemen Pemasaran & Pemarasan Jasa. Bandung: CV.Alfabeta,

Djakfar, Muhammad, ETIKA BISNIS: Menangkap Spirit Ajaran Langit dan Pesan Moral

Ajaran Bumi, Jakarta: Penebar Plus+ imprint dari Penebar Swadaya, 2012.

Ely Masykurah, Pengantar Teori Ekonomi Pendekatan pada Teori Ekonomi Mikro

Islami Ponorogo:STAIN Ponorogo Press, 2008.

Euis Amalia, Sejarah Pemikiran Islam dari Masa Klasik hingga Kontemporer, Pustaka Asutruss, Jakarta, 2007.

Faisal badroen, Etika Bisnis Dalam Islam, Jakarta: Kencana, 2006

Fauroni, L, Etika Bisnis dalam Al-Qur’an, Yogyakarta: Pustaka Pesantren, 2006. Fauzia, Yunia Ika, Etika Bisnis dalam Islam, Jakarta: Kencana Prenada Media

Group, 2013.

Ghazali, Imam, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IMB SPSS 19 cet. 5, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2011.

Hafiz Juliansyah, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Etika Bisnis Islam Pedagang Pasar

Ciputat, Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta, 2011

Haris, Abdul, ETIKA HAMKA; Konstruksi Etik Berbasis Rasional Religius,

Yogyakarta: LKis, 2010.

Hennig-Thurau,T and A.Klee, “The Impact Of Customer Satisfaction And Relationship Quality On Customer Retention: A Critical Reassessment And Model Development,” Psychology and Marketing, Vol.14: 8 Desember 1997.

Harahap, Sofyan S, Etika Bisnis dalam Perspektif Islam, Jakarta: Salemba Empat,

Haryadi Sarjono dan Winda Julianita, SPSS vs LISREL: Sebuah Pengantar, Aplikasi untuk Riset, Jakarta: Salemba Empat, 2011.

Keraf, A. Sonny, Etika Bisnis, Yogyakarta: Pustaka Filsafat Kanisius, 2007.

Keraf, A. Sonny, Etika Bisnis: Tuntutan dan Relevansinya, Yogyakarta: Kanisius,

Kolter, P. dan K.L. Keller, Manajemen Pemasaran, Jakarta: PT. Indeks, 2000. Mahmoeddin, Etika Bisnis Perbankan, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 2014. Mardani, Ayat-Ayat dan Hadis Ekonomi Syariah, Jakarta: Rajawali Pers, 2014.

Muslich, Etika Bisnis Islam Landasan Filososfis, dan Substansi

Implementatif, Yogyakarta: EKONOSIA, 2004.

Muhammad, Fauroni L, Visi Al-Qur’an tentang Etika dan Bisnis, Jakarta: Salemba Diniyah, 2002.

Muhammad, Metodologi Penelitian Ekonomi Islam : Pendekatan Kuantitatif,

Jakarta: Rajawali Pers, 2008.

Muhammad dan Alimin, Etika dan Perlindungan Konsumen Dalam Ekonomi Islam

Yogyakarta: BPFE, 2004.

Nurul Hidayat, Pengantar Nisbah Bagi Hasil Terhadap Minat Nasabah di BMT

Jurnal Skripsi, 2007.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK), 2014, Statistik Perbankan Syariah. Otoritas Jasa Keuangan (OJK), 2014, Statistik Perbankan Indonesia.

Philip Kotler dan Kevin Keller, Manajemen Pemasaran, alih bahasa B.Molan, cet. ke-12, Bandung: Indeks, 2007.

Rozalinda, Ekonomi Islam :Teori dan Aplikasinya pada Aktivitas Ekonomi Jakarta:

Mei 2015

Sofyan S. Harapan, Etika Bisnis dalam Perspektif Islam, Jakarta: Salemba Empat,

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi, (Bandung: Alfabeta, 2013)

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekaatan Praktik, edisi revisi, Cetakan 14, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Usmara, A, Strategi Baru Manajemen Pemasaran, Yogyakarta: Amara Books,

Veithzal Rivai, Amir Nuruddin dan Faisar Ananda Arfa, Islamic Business And

Economic Ethics Jakarta : Bumi Aksara, 2012.

Downloads

Published

2024-12-28

Issue

Section

Artikel